Dalam menjalankan setiap bisnis dibutuhkan persiapan termasuk modal awal yang nilainya bervariasi. Demikian pula dengan bisnis property yang karakternya beresiko rendah dan keuntungan tinggi (low risk, high return). Sekilas ini terlihat rumit namun tidak bagi Fithor Muhammad, CEO PT Harmony Land Group.

Menurut propertypreneur yang sudah sukses menjalankan bisnis di usia muda ini , hal pertama yang harus diperbaiki setiap young propertypreneur adalah mindset-nya. Bisnis property hanya membutuhkan modal kecil, yaitu 20 persen dari omzetnya dan memberi margin 20 persen dari omzet pula.

Modal ini dipakai untuk akusisi lahan, membangun infrastruktur, konstruksi rumah, biaya legal dan sebagainya. Rumah yang dibangun tidak bisa ‘kabur’ sehingga meminimalisir resiko rugi. Hebatnya lagi, harga tanah bisa naik hingga 5 kali dari harga awalnya dan return of investement / ROI 100 persen.

Investasi berupa tanah yang masih ‘mentah’ diolah hingga jadi kaveling perumahan seperti yang dilakukan oleh pengembang. Bagaimana caranya? Anda harus punya skill untuk menjalankan bisnis ini mulai dari fisibility study, funding modal, perizinan, arsitektur, hingga rencana anggaran biaya / RAB konstruksi.

Selanjutnya, siapkan strategi marketing, penjualan dan legal dari KPR dengan perbankan. Barulah Anda melakoni tahap-tahap bisnis property mulai dari project preparation, project execution hingga project closing. Pertama, Anda ciptakan ‘hot deal project’ yang tidak bisa ditolak baik oleh investor maupun klien.

Kemudian, lakukan super control terutama keuangan terhadap 3 aspek segitiga sama sisi yaitu perizinan, pembangunan dan penjualan. Ketika proyek mulai berjalan dan mencapai targetnya, Anda harus selalu menjaga 5 kepuasan yaitu terhadap pelanggan, rekan kerja, tim, investor/funder juga lingkungan sekitar. Tips bisnis property Fithor sudah terbukti sahih dengan banyaknya perumahan yang beliau bangun hingga saat ini.

Selanjutnya, ada langkah persiapan yang bisa dijadikan pedoman dalam memudahkan pelaksanaan bisnis. Apa saja tipsnya? Yuk nantikan artikel berikutnya.

© Artikel oleh tim Salemba Real Estate Institute (Maret 2019). Dipersilakan menyadur/mempublikasi ulang dengan mencantumkan sumber salembarealestate.com.

properti, belajar properti, sekolah properti, cari rumah, jual rumah jakarta, jual tanah jakarta, cari tanah jakarta, beli rumah, membeli rumah, harga tanah, harga rumah, property, real estate, investasi properti, investasi tanah, cara membeli rumah, cara hitung kpr, tips dan trik kpr, tips membeli rumah, siasat kpr, strategi kpr

Bagikan artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *